SELAMAT DATANG PARA PESERTA DIDIK

Minggu, 10 April 2016

RPL Bimbingan konseling Pada MTs Negeri 2 Maluku Tengah












RPLBK
 Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan konseling

 I.         IDENTITAS
A.  Satuan Pendidikan                : MTS Negeri 2  Maluku Tengah
B.  Tahun Ajaran                        : 2015-2016, Semester I
C.  Sasaran Pelayanan                : Semua Kelas VII
D.  Pelaksana                               : La Basruddin, S.Pd
E.  Pihak Terkait                         : Siswa dan orang tua 
 II.      WAKTU DAN TEMPAT
A.  Tanggal                                              : 12 Oktober 2015
B.  Jam Pembelajaran/Pelayanan          : Sesuai jadwal
C.  Volume Waktu (JP)                          : Masing-masing kelas 2 (dua) JP (@ 40 menit)
D.  Spesifikasi Tempat Belajar               : Di ruang kelas masing-masing

III.      MATERI PEMBELAJARAN
A.    Tema/Subtema                     : a. Tema          : Orientasi Pelayanan BK
 b. Subtema     : Orientasi Awal Pelayanan BK
  di Sekolah
B.  Sumber Materi                      : Internet

 IV.   TUJUAN/ARAH PENGEMBANGAN
A.    Pengembangan KES                       :
1.      Agar siswa memahami adanya dan kegunaan pelayanan BK serta  termotivasi untuk memanfaatkannya dalam rangka mengembangkan potensi diri.

2.      Dapat menyampaikan kepada orang tua tentang adanya dan kegunaan pelayanan BK di sekolah yang siap membantu siswa.

B.  Penanganan KES-T             :
            Untuk menghindari/menghilangkan dan mencegah ketidaktahuan,  kebingungan dan ketidakpedulian atau penolakan siswa dan orang tua mereka terhadap pentingnya pelayanan BK.

 V.      METODE DAN TEKNIK
Jenis Layanan                      : Layanan Informasi (Format Klasikal)

VI.      SARANA
Media             : Jadwal Pelajaran Siswa MTSN Masohi Kelas VII Semester I.

VII.   SASARAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
Diperolehnya hal-hal baru oleh siswa terkait  KES (Kehidupan Efektif Sehari-hari) dengan unsur-unsur AKURS (Acuan, Kompetensi, Usaha, Rasa, Sungguh-sungguh).

A.    KES              :
1.    Acuan (A): Adanya dan kegunaan pelayanan BK di sekolah.
2.  Kompetensi (K): Apa yang perlu dilakukan siswa memanfaatkan pelayanan BK dan  mampu menyampaikan kepada orang tua tentang adanya dan manfaatnya pelayanan BK    tersebut. 
3.   Usaha (U): Kegiatan siswa untuk memanfaatkan dan menyampaikan kepada orang tua  tentang pelayanan BK di sekolah. 
4.   Rasa (R): Bagaimana siswa merasa setelah mengetahui dan memahami tentang adanya  pelayanan BK di sekolah dan perlunya menyampaikan hal itu kepada orang tua.

5.   Sungguh-sungguh (S): Kesungguhan siswa menyampaikan kepada orang tua tentang      adanya pelayanan BK di sekolah, dan memanfaatkan layanan tersebut secara optimal.

B.    KES-T (Kehidupan Efektif Sehari Hari – Terganggu) :
      Menghindarkan dan mencegah ketidaktahuan, ketidakpedulian ataupun penolakan terhadap pelayanan BK yang mengakibatkan tidak tercegah dan tidak teratasinya  permasalahan siswa.

C.    Ridho Tuhan, Bersyukur, Ikhlas dan Tabah         :
Memohon ridho Tuhan Yang Maha Esa untuk suksesnya para siswa dengan adanya pelayanan BK.

VIII.   LANGKAH KEGIATAN
A.      LANGKAH PENGANTARAN
1.      Mengucapkan salam dan mengajak siswa berdoa.
2.    Mengecek kehadiran siswa, dan mengajak mereka untuk berempati kepada  yang tidak hadir. 
3.  Mengajak siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dengan penuh perhatian, semangat dan penampilan dengan melakukan kegiatan berpikir, merasa, bersikap, bertindak dan bertanggung jawab (BMB3) berkenaan dengan materi pembelajaran yang akan dibahas. 
4.    Menyampaikan arah materi pokok pembelajaran, yaitu dengan judul “ Orientasi Awal Pelayanan BK di MTSN Masohi ”. 
5.  Menyampaikan tujuan pembahasan yaitu dipahaminya oleh siswa tentang adanya pelayanan BK untuk membantu sesuai kebutuhan mereka.

B.   LANGKAH PENJAJAKAN
1.   Menanyakan kepada siswa siapa yang sudah tahu tentang BK. (Pelayanan BK secara terprogram memang baru ada di SMP/MTs; di SD/MI belum ada. Oleh karena itu siswa membahami dengan sebaik-baiknya.                
2.  Melalui penampilan chart Jadwal Pembelajaran (di papan tulis) yang di dalamnya terdapat jadwal pembelajaran BK, siswa diminta merespon jadwal tersebut. Apa yang ada dalam pikiran siswa tentang perbedaan dan hubungan antara jadwal BK (yang hanya satu kali masuk kelas dalam seminggu) dibanding jadwal mata pelajaran (yang masuk kelasnya berkali-kali).                      
  
C.   LANGKAH PENAFSIRAN
1.        Pembahasan tentang makna kata “ Bimbingan dan Konseling ”.
2.      Kelengkapan yang ada di sekolah untuk pelayanan BK: ruangannya dan tenaganya (Guru BK atau Konselor).
 3.        Apa kaitan pelayanan BK dengan mata pelajaran yang ada.

D.   LANGKAH PEMBINAAN
1.        Apa, bagaimana dan kapan siswa memperoleh pelayanan BK.
2.         Siswa diminta untuk melihat diri sendiri apakah ada sesuatu yang  
       memerlukan pelayanan BK. 
3.   Siapa yang mau datang ke kantor BK untuk mendapatkan pelayanan BK?. Kapan? Bagaimana caranya? 
4.   Bagaimana siswa mengajak teman-teman datang ke kantor BK untuk mendapatkan pelayanan?
5.         Apa yang perlu disampaikan siswa kepada orang tua tentang adanya BK di sekolah, dan bagaimana cara menyampaikannya kepada orang tua?
 E.   LANGKAH PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1.        Penilaian Hasil
Di akhir proses pembelajaran siswa diminta merefleksikan (secara lisan dan atau tertulis) apa yang mereka peroleh dengan pola BMB3 dalam unsur-unsur AKURS:

a.    Berfikir: Apa yang mereka pikirkan tentang adanya dan kegunaan pelayanan BK di sekolah (unsur A).

b.    Merasa: Apa yang mereka rasakan dengan adanya pelayanan BK di sekolah (unsur R).
c.     Bersikap: Bagaimana mereka bersikap dan akan melakukan apa untuk mendapatkan pelayan BK (unsur K dan U).
d.  Bertindak: Bagaimana menyampaikan kepada orang tua tentang adanya BK di sekolah; kapan dan bagaimana caranya (unsur K dan U).
e.     Bertanggung Jawab: Bagaimana mereka bersungguh-sungguh dalam memanfaatkan BK dan bagaimana menyampaikannya kepada orang tua (Unsur S).
2.        Penilaian Proses
Melalui pengamatan dilakukan penilaian proses pembelajaran untuk memperoleh gambaran tentang aktivitas siswa dan efektifitas pembelajaran/pelayanan.

3.        LAPELPROG dan Tindak Lanjut
Setelah kegiatan pembelajaran atau pelayanan selesai disusun Laporan Pelaksanaan Program Layanan (LAPELPROG) yang memuat data penilaian hasil dan proses, dengan disertai arah tindak lanjutnya.

                                                                  Guru BK 


                                                                La basruddin, S.Pd
NIP. 198203132009011008  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar